Jumat, 13 Desember 2013

Microsoft PowerPoint – Membuat Teks Berjalan


,

Pada saat presentasi dengan menggunakan PowerPoint, tentu anda ingin memberikan informasi tambahan kepada audien dengan cara yang berbeda sehingga menarik perhatian semua audien yang ada, salah satunya dengan memberikan teks berjalan. Pada tutorial Microsoft PowerPoint kali ini, Kak Hady Berbagi akan membahas tentang cara membuat teks berjalan (running text/marquee).

Dalam contoh ini, Kak Hady Berbagi menggunakan Microsoft PowerPoint 2013. Tentu anda bisa mempraktekkannya pada versi 2007 dan 2010. Langkah-langkah dalam membuat teks berjalan pada PowerPoint adalah sebagai berikut:

  1. Buka program Microsoft PowerPoint yang anda miliki di komputer hingga muncul lembar kerja PowerPoint;
  2. Beri warna latar atau gambar background pada slide dengan cara klik kanan pada slide → Format Background → pilih sesuai selera;
  3. Buat sebuah Text Box. Caranya klik ribbon menu INSERT → Shapes → pilih Text Box. Lihat gambar.
    insert text box
  4. Tempatkan Text Box terserah anda. Saya menempatkannya di atas. Kemudian ketik teks yang anda inginkan. Atur properti teks seperti jenis huruf, ukuran huruf atau warna huruf. Atur sekiranya audien bisa membaca dengan jelas.
  5. Berikan animasi. Caranya, Caranya, aktifkan Text Box yang telah dibuat kemudian buka ribbon menu ANIMATIONS → Pilih Animation : Fly In dan Effect Options : From Right.
    INSERT ANIMATIONS 2
  6. Klik Show Additional Effect Options yang letaknya di bawah menu Effect Options yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di bawah ini. Kemudian buka tab Timing, Atur Start dengan With Previous, Duration dengan 5 secoonds (Very Slow) dan Repeat dengan Until Next Click. Jika sudah, klik OK.
    show additional effect options 2
  7. Terakhir silakan jalankan Slide Show dengan menekan F5 di keyboard anda.

Demikian tutorial Microsoft PowerPoint – Membuat Teks Berjalan. Semoga bermanfaat. Nantikan tutorial yang lainnya. Sampai jumpa!

Baca juga:

Kak Hady Berbagi

1. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini

Judul : Microsoft PowerPoint – Membuat Teks Berjalan
URL :
Diposkan oleh : Kang Hady
Pada : Jumat, 13 Desember 2013.
Pukul : 16:05
Label/kategori : ,
Bagikan ke : Facebook | Google+ | Twitter | Digg

2. Saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semua. Untuk itu silakan berkomentar pada setiap postingan blog ini;
3. Setiap komentar yang anda berikan adalah masukan bagi saya agar blog ini lebih baik.

8 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda